Senin, 31 Oktober 2016

KOMUNIKASI DAN AKTIVITAS SURAT MENYURAT DI PERUSAHAAN BESAR KOMUNIKASI.

KOMUNIKASI DAN AKTIVITAS SURAT MENYURAT DI PERUSAHAAN BESAR
KOMUNIKASI.
Adalah Proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah oleh penerima informasi.

DUA BENTUK KOMUNIKASI.
-        interpersonal Communications (Komunikasi antarpribadi).
Adalah proses pertukaran informasi serta pemindahan pengertian antara dua orang atau lebih dalam suatu kelompok kecil.
-        Organization Communications
Proses dimana pembicara secara sistematis memberikan informasi dan memindahkan pengertian kepada orang yang banyak dalm organisasi dan kepada pribadi-pribadi dan lembaga-lembaga diluar yang memiliki hubungan.

FUNGSI KOMUNIKASI
-        Sebagai Kendali.
Yaitu mengarahkan orang lain ke perilaku yang kita inginkan.
-        Sebagai Motivasi.
Memotivasi dengan memberikan penjelasan dalam hal kehidupan.
-        Sebagai Pengungkap Emosional.
Mengungkap perasaan kepada orang lain baik itu senang/tidak, suka/tidak suka.
-        Sebagai Informasi.
Memberikan informasi yang kiranya diperlukan oleh setiap individu maupun kelompok.

SYARAT KOMUNIKASI
-        Source (Sumber)
Yaitu dasar dari penyampaian pesan yang akan disampaikan dalam rangka memperkuat pesan tersebut.
-        Komunikator.
Yaitu orang yang merupakan pelaku penyampai pesan berupa individu yang berbicara atau penulis.
-        Pesan.
Adalah keseluruhan hal yang disampaikan komunikator.
-        Saluran (Channel).
Bisa disebut media yang digunakan untuk menyampaikan pesan.
-        Komunikan.
Orang yang menerima Pesan, baik individu, kelompok dan masa.
-        Effect.
Yaitu pengaruh yang terjadi pada Komunikan setelah terjadinya komunikasi.

KOMUNIKASI BISNIS.
Pertukaran pendapat, gagasan, informasi, instruksi, melalui simbol simbol atau sinyal yang ditujukan untuk kepentingan komersil.

UNSUR POKOK KOMUNIKASI BISNIS.
-        Memiliki tujuan.
Setiap Komunikasi jelas memiliki tujuan yang ingin dicapai.
-        Adanya Pertukaran.
Artinya adanya pihak, setidaknya ada Komunikator dan Komunikan.
-        Gagasan.
Penyampaian Maksud diadakannya Komunikasi Bisnis.
-        Saluran/Media.
Yaitu Media yang digunakan, bisa tatap muka, Elektronik dll.
-        Metode.
Yaitu cara yang dilakukan untuk mencapai kesepakatan yang diinginkan.
-        Pencapaian.
Inilah bedanya dengan komunikasi biasa. Yaitu adanya pencapaian berupa kesepakatan yang disetujui.

SURAT
Merupakan media dalam saluran komunikasi (Komunikasi tulis).

SURAT SEBAGAI KOMUNIKASI BISNIS.
Yaitu surat yang digunakan orang/badan penyelenggara usaha dalam kegitan usaha bisnis perdagangan, perindustrian dll.

PENULISAN SURAT RESMI
-          Kepala Surat.
-          Tanggal Surat.
-          Nomor, lampiran, & Hal.
-          Alamat Dalam.
-          Salam Pembuka.
-          Isi.
-          Salam Penutup.
-          Nama Jabatan.
-          Tembusan.
-          Inisial.

BIDANG KEGIATAN SURAT DIPERUSAHAAN BESAR.
-          Korespondensi.
Bagian yang menangani pembuatan konsep surat. Biasanya surat keluar dari sebuah perusahaan.
-          Typing.
Bagian ini adalah bagian Pengetikan surat yang Konsepnya sudah dibuat oleh bagian Koresponden.
-          Mailhading.
Ini adalah bagian yang bertugas mengurusi seluruh surat yang masuk dan keluar di sebuah perusahaan.
-          Filling.
Adalah bagian yang bertanggung jawab atas seluruh surat yang masuk di perusahaan.

Terima kasih-
Adm. Bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar