Selasa, 01 November 2016

Sekilas Tentang Organisasi Management



Organisasi Manajemen

Organisasi, Segala kegiatan manusia untuk mencapai kepentingan/maksud bersama. Manajemen, pencapaian yang ditetapkan terlebih dahulu dengan menggunakan kegiatan kegiatan orang lain.

Fungsinya :
1.       Perencanaan
2.       Pembuatan keputusan
3.       Pengorganisasian
4.       Staffing
5.       Komunikasi
6.       Motivasi
7.       Kepemiminan
8.       Pengawasan

Perilaku organisasi :
Studi tentang apa yang selalu (kebiasaan) dilakukan orang dalam organisasi dan bagaimana perilaku tersebut menciptakan organisasi.

Karakteristiknya (Nadler;1979) :
1.       Keteraturan
2.       Pekerjaaan
3.       Tugas tugas
4.       Wewenang
5.       Sistem penggajian
6.       Sistem pengendalian.
Faktor yang mempengaruhi karakter individu dalam organisasi :
1.       Kompetisi
2.       Motivasi
3.       Kepemimpinan
4.       Konflik

5 Karakteristik Kompetensi (Wibowo 2011) :
1.       Motif yaitu penyebab bertindak, mendorong, & mengarahkan seseorang untuk mencapai tujuan.
2.       Sifat yaitu karakter fisik & respon yang konsisten terhadap situasi/informasi.
3.       Konsep, yaitu sikap, nilai, citra diri, dan specific.
4.       Pengetahuan yaitu kompetensi yang komplek & specific informasi yang dimiliki sesorang.
5.       Keterampilan yaitu kemampuan mengerjakan, dan menyelesaikan pekerjaan.

5 Kategori kompetensi (wibowo) :
1.       Task achievment adalah katagori yang berhubungan dengan kinerja.
2.       Relationship adalah kategor yang berhubungan dengan komunikasi.
3.       Personal atribut adalah kompetensi intrinsik individu, & menghubungkan bagaimana orang berpikir, belajar.
4.       Managerial adalah kompetensi yang berkaitan dengan pengelolaan, pengawasan, pengembangan orang.
5.       Leadership, kompetensi yang berhungan dengan memimpin organisasi dan orang untuk mencapi maksud.

Tingakatan kompetensi setiap orang menurut spencer & spencer (1993) :
1.       Behavior tool yaitu :
a.       Knowlede (pengetahuan)
b.      Skill (Kemampuan, Keahlian)
2.       Image Attribute ;
a.       Social roll (Pola perilaku)
b.      Self image (pandangan orang terhadap dirinya)
3.       Personal characteristic (Tipikal berperilaku)
4.       Motive (Termasuk untuk berprestasi)
Kompetensi menurut stratanya :
1.       Core competency, adalah kompetensi utama yang harus dimiliki oleh semua karyawan organisasi.
2.       Managerial Competency, adalah kemampuan manajerial dan kinerja
3.       Functional competecy, adalah keterampilan profisional/tekhnis.

Faktor mempengaruhi perilaku organisasi :
a.       Iklim
b.      Efektivitas organisasi
c.       Tujuan Organisasi.





**** 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar